Minggu, 10 April 2016

TRANSITION OF THE MEDIA

TRANSITION OF THE MEDIA
By M Imamuddin Wahid
201410040311302

     Pada zaman dahulu sering terjadi perdebatan yang disebabkan oleh pergeseran atau pembaruan media dengan bantuan teknologi. Pertama kali munculnya pembaruan media selalu ada konflik bahwa media analog lebih efektif dari pada media digital. Seiring berjalannya waktu, teknologi akan semakin maju dan melakukan pembaruan yang sangat cepat. Akhirnya media analog mulai ditinggalkan dan semua pindah ke media digital. Seprti halnya munculnya pertama kali kamera digital. Banyak orang mengatakan bahwa kamera digital gambarnya memudar, tidak bagus warnanya kurang bagus. Banyak yang menganggap kamera digital
kurang efektif. Tetapi, sekarang sudah terbukti semua orang lebih memilih kamera digital dan mulai meninggalkan kamera analog begitu juga media yang lain. Dulu untuk mencari informasi atau pengetahuan rata-rata dari media yang berbasis cetak. Untuk mengetahui informasi hanyalah lewat membaca. Medianya berbasis cetak. Seperti buku misalnya, untuk membuat buku pun tidak sembarang orang, harus ada kesepakatan. Seiring berjalannya waktu, munculah media radio. Media ini berbasis audio. Setelah radio munculah media televisi yang berbasis audio dan visual. Media cetak pun mulai ditinggalkan dan orang-orang lebih memilih media audio visual. Dewasa ini munculah media baru yaitu media yang menggunakan internet. Menurut nasrullah dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang mengatakan hampir tidak ada yang tidak ada di internet. Selain itu banyak keuntungan yang diperoleh seperti kecepatan penyampaian, tidak ada batas, semua bisa terjangkau, memberikan kemudahan bagi siapapun dan masih banyak lagi yang lainnya. Media baru ini berbasis screen atau visual, bisa dinikmati dan dimanfaatkan kapanpun karena bisa disimpan dan bisa dinikmati secara offline. Semua orang bisa jadi kreator atau pembuat konten. Bukan hanya sebagai konsumen semata.

     Belakangan ini orang lebih banyak membuat atau memanfaatkan media audio visual lewat internet. Orang-orang dimasa modern ini lebih memilih untuk mengurangi menonton televisi karena dimasa ini orang-orang sangat menghargai waktunya dan mengurangi untuk menonton televisi. Bahkan ada juga yang sampai tidak sama sekali menonton televisi. Karena orang-orang zaman sekarang lebih memilih untuk menonton apa yang ingin ditonton. Setiap orang semakin membutuhkan internet, wifi atau apapun yang bisa mengkoneksikan kepada internet. Buktinya, provider internet semakin berlomba-lomba untuk memberikan penawaran yang terbaik dan bisa jadi dimasa mendatang internet tidak hanya menggunakan wifi. Sumber informasi yang menggunakan internet kini dapat mengalahkan kepopuleran media cetak. Berbagai situs berita di internet menyajikan berita dengan cepat, sehingga para pengguna internet lebih memilih internet sebagai sumber informasi di bandingkan dengan media cetak yang lainnya. Selain itu, di internet mempunyai berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati oleh setiap pengguna internet. Banyak media di internet yang menyediakan tontonan audio visual, Salah satunya adalah youtube. Youtube adalah akibat dari perpaduan antara komunikasi dan teknologi. Di media ini setiap orang memiliki chanel sendiri dan bisa untuk mengisi chanel tersebut tetapi juga tidak lepas dari peraturan yang ada. Dengan youtube semua bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Untuk membuat chanel kita tidak harus pergi ke ibu kota dan bikin macet jalanan ibu kota. Tidak juga bergantung pada media konvensional.

     Youtube adalah suatu media untuk berkreasi. Bisa juga menjadi media yang menyediakan berbagai sumber informasi dan juga bisa untuk mencari hiburan. Youtube adalah salah satu platform bebas yang bisa diisi dengan apapun kreasi kita yang tidak ada batasanya. Kita bisa mengekspresikan apapun tanpa bergantung pada media konvensional. Pada zaman dahulu untuk memiliki channel harus memiliki stasiun televisi dengan biaya yang besar. Di youtube semua bisa memiliki channel tayangan sendiri dan bisa mengelolahnya sendiri sesuka hati. Untuk memulainyapun sangat mudah, dengan modal seadanya dan menggunakan kamera apapun juga bisa, yang terpenting bisa digunakan untuk merekam video. Selain itu youtube bisa digunakan untuk mendapatkan uang karena youtube atau google lebih tepatnya menyediakan addsense untuk monetize konten video original. Jika kita membuka youtube, maka kemungkinan besar kita akan melihat iklan disana, baik itu di bagian videonya ataupun di bagian side bar. Iklan tersebut biasanya tampil pada video-video yang jumlah penontonnya banyak. Dari situ orang-orang bisa memiliki pendapatan dari youtube. Secara garis besar uang yang didapatkan dari youtube tergantung dari klik iklan atau berapa banyak penonton video. Semakin banyak penonton semakin banyak pula uang yang didapatkan. Selain itu youtube juga bisa melihat timbal balik penonton melalui komentar yang disediakan oleh youtube.

      Alasan mengapa youtube sangat digemari oleh pengguna internet adalah karena youtube memberikan konten video yang terlihat nyata. Berbeda dengan konten gambar atau teks yang tidak terlihat hidup di mata para pengguna internet. Berbagai konten video yang ada di situs youtube di unggah oleh para penggunanya dengan tujuan yg berbeda- beda. Ada pengguna youtube yang mengunggah video untuk tujuan bersenang-senang, ada yang ingin mempromosikan karya nya seperti musik, ada yang bertujuan ingin berbagi kepada orang lain, dan lain-lain. Semua pengguna internet pasti lebih suka dengan konten yang terlihat nyata dan atraktif, itulah sebabnya mengapa pengguna internet betah berlama-lama berada di youtube. Berbagai jenis video bisa kita temukan di youtube, mulai dari video tutorial, video tentang music, video seputar berita, video yang lucu, video dokumentasi seseorang ketika berlibur, video cuplikan film, dan banyak video lainnya.  

Orang-orang sekarang mulai banyak yang tertarik untuk melihat tayangan di youtube. Karena tidak perlu membuang-buang waktu dan menghabiskan waktu di depan televisi untuk menunggu apa yang ingin dia tonton. Orang-orang cenderung memilih handphone atau gadget yang digunakan untuk menonton apa ingin ditonton. Karena waktu sesingkat apapun tidak dibuang dengan percuma. Maka dari itu orang-orang lebih memilih menonton menggunakan gadget. Mereka akan menonton apa yang dibutuhkan seperti tayangan yang menghibur, mengedukasi, menginspirasi dan yang lainnya. Juga bisa subscribe channel youtube yang ingin ditonton. Salah satu bukti autentiknya adalah semua televisi sekarang banyak yang mengunggah tayangannya ke youtube. Televisi sadar bahwa orang-orang tidak menonton tayangannya akan menontonnya di youtube. Mereka juga tau bahwa youtube bisa mendatangkan uang bagi stasiun televisi miliknya. Televisi sekarang sudah tidak seperti dulu lagi. Tayangan yang diberikan sudah tidak lagi memberikan edukasi atau manfaat bagi para penonton. Televisi hanya fokus untuk menjual tayangannya bukan untuk disajikan kepada masyarakat.

Salah satu yang menjadi masalah adalah internet kita yang cukup lambat. Faktanya seperti yang ditulis oleh tribunnews.com bahwa internet Indonesia paling lelet nomor dua di dunia. State of the Internet melaporkan bahwa angka kecepatan koneksi internet dunia meningkat sebesar 10 persen dibanding kuartal lalu menjadi 3,6 megabit perdetik (Mbps). Jumlah yang merupakan rata – rata global itu masih lebih tinggi dibandingkan kecepatan koneksi internet Indonesia yang pada kuartal ini tercatat sebesar 1,5 Mbps. Angka ini hanya naik 0,2 Mbps dari kuartal sebelumnya dan tidak bisa mendongkrak posisi Indonesia sebagai Negara dengan internet paling lambat di wilayah Asia Pasifik. Salah satu penyebabnya adalah dari infrastruktur, karena pada dasarnya internet membutuhkan infrastruktur. Bisa kita bayangkan hanya untuk bisa streaming video di internet dengan lancar sebuah perusahaan harus membangun kabel fiber optik dan tiang pemancar yang harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Tetapi kita tidak perlu cemas karena pemerintah juga ikut serta untuk meningkatkan sambungan internet. Pemerintah sudah merencanakan proyek palapa ring yang melibatkan banyak perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Proyek ini ditargetkan akan selesai pada 2018 nanti. Jadi untuk saat ini jangan pernah pamer kecepatan internet kepada temen, karena itu membuat sangat emosi. Tapi apapun yang terjadi, kita tidak boleh hanya mencibir dan membenci internet. Karena internet adalah salah satu tempat keren dan cepat atau lambat ini semua akan terjadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar